Mini PC Terbaik Murah yang bisa Menghasilkan Gambar Keren

Mini PC Terbaik Murah yang bisa Menghasilkan Gambar Keren S ensasi yang luar biasa: Raspberry Pi adalah salah satu komputer single-board yang sangat populer (sudah terjual 4 juta unit). Kini telah diperbarui dengan per- forma yang lebih signifikan. Direncanakan hadir di tahun 2017, Raspberry Pi Foundation kembali mengejutkan dunia PC dengan memperkenalkan Ras Pi 2. Komputer ini memiliki prosesor empat inti dan enam kali lebih cepat dari pendahulunya. Kejutan lainnya, mini PC ini hadir dengan Windows 10 dan juga Linux. Soal harga, perangkat ini akan dijual 40 euro atau sekitar 500-ribuan. Ras Pi 2 tidak bekerja dengan Broadcom BCM2835 yang hanya memiliki prosesor inti tunggal ARM11. Kini, Ras Pi 2 telah dibekali Broadcom BCM2836 plus prosesor empat inti Cortex A7.

Frekuensi clock yang dihasilkan juga meningkat dari 700 ke 900 MHz. Ukuran RAM juga digandakan dari 512 MB ke 1 GB. Seperti sebelumnya, Ethernet port masih menawarkan 100 MBit/s dan terhubung dengan USB bus, seperti halnya SD card reader – ini masih bottleneck pada sistem prosesor empat inti. Pertanyaannya, seberapa besar peningkatan performa yang dirasakan pengguna. Menurut Eben Upton, CEO Raspberry Pi Foundation bahwa di masa depan Ras Pi akan berevolusi menjadi pengganti PC sepenuhnya. Sejalan dengan itu, pengguna juga punya pilihan untuk menggunakan Windows atau Linux. Berkat dukungan prosesor ARMv7 di Ras Pi 2, selain menjalankan Linux berbasis ARM, Mini PC ini juga dapat menjalankan sistem operasi Windows. Kabarnya, Microsoft saat ini juga sedang mengembangkan versi Windows 10 yang dimodifikasi khusus untuk Rasp berry Pi. Meskipun untuk saat ini, versi tersebut belum tersedia. Jika tertarik untuk mencoba Ras Pi 2 pada mode desktop, Anda bisa melakukannya dengan Raspbian (versi Debian yang dimodifikasi untuk Ras Pi) dan dapat diakses melalui raspbian.org. OSMC versi alpha (https://osmc.tv) juga tersedia sebagai Media Centre. Kedua sistem ini cukup menyenangkan untuk Anda coba.

Jika dibandingkan dengan Raspbian, Ras Pi 2 lebih “terasa sebagai PC sungguhan”. Aplikasi browser default, Epiphany mampu menampilkan halaman website dengan lebih cepat. Selain itu, aplikasi Office seperti Word dan Excel juga dapat berjalan dengan lancar. Menjalankan aplikasi pengolah gambar, seperti Gimp juga tidak mengalami masalah. Sekilas, beban prosesor pada Ras Pi 2 juga tidak menunjukkan perbedaan jika dibandingkan dengan pendahulunya. Secara persentasi, chip terbaru tidak menunjukkan penggunaan tenaga hingga 100%, bahkan hanya setengahnya saja. Tutorial yang terinstal, seperti Scratch dan Sonic Pi kini juga dapat berjalan mulus. Permainan Minecraft juga berjalan lebih ringan. Sayangnya, performa video masih tetap sama. Mini PC model terbaru ini masih menggunakan Videocore IV. Tak perlu khawatir jika Anda memanfaatnya untuk memutar sebuah file video. Menonton film lewat Ras Pi 2 terasa lebih baik. Hal ini berkat banyaknya power pada Mini PC ini yang tidak digunakan meskipun Anda menonton film Full HD. Keunggulan lainnya, RasPi 2 juga bisa digunakan sebagai Media Centre dengan performa yang lebih baik dari versi sebelumnya.

Diperkirakan, banyak para enthusias yang gemar mengutakatik Ras Pi 2. Pasalnya, Mini PC versi terbaru ini tetap kompatibel dengan model lama. Semua port masih tetap sama, termasuk letak pin pada konektor. Hasilnya, semua proyek bisa langsung dijalankan dengan Ras Pi 2. Perbedaannya, model baru ini masih memiliki kapasitas lebih saat dibutuhkan sebagai alat komputasi. Apalagi, Ras Pi 2 memiliki booting time dua kali lebih cepat daripada pendahulunya. Kekurangannya, dukungan port LAN belum adopsi Gigabit Ethernet, sehingga kurang cocok jika Mini PC ini dimanfaatkan sebagai Network Attached Storage.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *