Tips untuk Anak yang Sering Lupa Bagian 2

Apakah gangguan atensi atau memori? Umumnya, keluhan lupa yang dialami anak lebih disebabkan oleh gangguan atensi, bukan memori, meski keduanya memiliki gejala yang sama, yakni tidak bisa mengingat. Sementara gangguan memori, umumnya terjadi pada orang dewasa, bukan anak-anak. Patut diketahui pula, lupa juga bisa terjadi pada kondisi depresi, cemas pada anak dan remaja, serta pada gangguan mental yang lain, seperti skizofrenia atau bipolar.

GANGGUAN ATENSI

Lupa akibat gangguan atensi karena data belum sempat disimpan dengan baik di otak. Inilah yang kerap terjadi pada anak dan menyebabkan anak sering lupa. Gangguan atensi pada anak, umumnya dikenal dengan istilah ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder), yaitu sebuah gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian.

ADHD dikenal pula dengan istilah Gangguan Pemusatan Perhatian dan/Atau Hiperaktivitas (GPPH). Sampai dengan saat ini, penyebab pasti ADHD belum diketahui, namun kebanyakan hasil penelitian mengaitkan dengan kinerja dan perkembangan otak. Ada 3 faktor yang dianggap turut berperan sebagai penyebab ADHD, yakni: faktor genetik/keturunan, ketidakseimbangan kimiawi pada otak (neurotransmiter), dan kinerja otak.

Penelitian juga menyatakan, pada anak yang menderita ADHD didapati area otak yang mengontrol perhatian tampak tidak terlalu aktif, dibandingkan dengan anak-anak lainnya yang tidak menderita ADHD. Umumnya penderita ADHD dibedakan menjadi tiga. Pertama, yang mengalami gangguan konsentrasi atau atensi. Ini ditandai si anak mudah teralihkan konsentrasi atau perhatiannya atau tampak sering melamun, berkhayal. Kedua, hiperaktif dan impulsif. Anak tidak bisa diam, tukang iseng atau jahil. Ketiga, kombinasi dari keduanya, yakni mengalami gangguan perhatian dan hiperaktif pula. Nah, untuk anak yang sering lupa termasuk pada gangguan konsentrasi atau perhatian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *