Categories
Parenting

Tips untuk Anak yang Sering Lupa

Si kecil lupa melulu? Uuuuhhh… nyebelin banget ya, Mam! Tapi, jangan marahi si buah hati ya, Mam. Coba telusuri penyebabnya, yuk!  Pagi itu, Adi kembali membuat seisi rumah bingung. Pasalnya, ia tidak berhasil menemukan buku matematikanya di rak buku. Adi memang kerap lupa dengan barang-barang miliknya. Ini bukan peristiwa pertama, kemarin ia lupa membawa pulang kotak bekalnya. Tidak hanya lupa akan benda-benda miliknya, Adi pun kerap lupa dengan jadwal kegiatan hariannya.

Latihan melukis yang semestinya dilakukan seminggu sekali setiap Jumat, kerap terlewati karena lupa. Hal lain yang juga sering terjadi, dalam mengingat mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Adi sering lupa materi yang sudah diajarkan, akibatnya ketika mengerjakan tugas di rumah sering kebingungan karena lupa rumus yang disampaikan di sekolah tadi siang. Sebagian orang beranggapan, lupa akan sesuatu adalah hal wajar dan tak perlu dibesarbesarkan.

Memang, lupa itu manusiawi banget, tetapi bukan berarti boleh disepelekan karena dapat berdampak fatal dalam keseharian. Betapa tidak? Pengeluaran menjadi bertambah, seperti harus membeli lagi buku yang hilang entah ke mana atau malah mengacaukan aktivitas di hari itu. Lupa juga dapat berdampak pada proses belajar anak sehari-hari, inilah yang kerap membuat orangtua panik. Bila lupa itu hanya sesekali, maka boleh dibilang tergolong hal yang wajar.

Misal, hanya sekali dalam seminggu atau sebulan sekali. Lain halnya ketika lupa sudah terjadi berulang kali atau sering, itu pertanda anak sudah mengalami gangguan. Hanya saja de!nisi dari kata sering ini kerap membingungkan. Untuk sederhananya, bila lupa terjadi lebih dari satu kali dalam seminggu atau ketika sudah mengganggu atau merepotkan orang-orang di rumah dan teman-temannya pun mulai merasakan dampak atau akibatnya.

Ini biasanya ditandai dengan munculnya ucapan, “Aduh kok sering lupa ya!” Padahal semestinya, anak-anak memiliki daya ingat yang lebih baik dibanding orangtua yang mulai mengalami kemunduran daya ingat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan orangtua adalah mencari tahu penyebab dari gangguan lupa pada anak.

Untuk anak yang ingin mahir dalam berbahasa asing berikan pelatihan di lembaga kursus bahasa Perancis di Jakarta yang terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *